Home » » Storage penuh saat install aplikasi di hp oppo

Storage penuh saat install aplikasi di hp oppo

Oppo merupakan salah satu produk China yang cukup sukses penjualanya di Indonesia. Meski perusahaan ini berdiri pada tahun 2004 namun untuk prosuk handphone terutama yang masuk ke Indonesia dimulai pada tahun 2014. Beberapa produk Oppo yang masuk ke Indonesia adalah sebagai berikut :

  • Oppo Find 7 / 7a (2014)
  • Oppo R1x (2015)
  • Oppo R5 (2014)
  • Oppo R7 / R7 Plus (2015)
    • Oppo R7 Lite / R7 Lite Plus (2015)
  • Oppo N3 (2014)
  • Oppo Neo 3 (2014)
    • Oppo Neo 5 (2015)
    • Oppo Neo 7 (2015)
  • Oppo Mirror 3 (2015)
    • Oppo Mirror 5 (2015)
  • Oppo Joy Plus (2015)
    • Oppo Joy 3 (2015)
hp oppo
Dibalik suksesnya pemasaran di Indonesia ada beberapa kekurangan dari beberapa smartphone produk tersebut, terutama untuk produk menegah karena harganya juga tergolong murah untuk spesifikasinya. Berikut ini saya bagikan sedikit cara mengatasi masalah di handphone android yang sering terjadi pada smartphone Oppo, tentu saja tidak semua produk Oppo yang mengalami masalah ini.

1. Cara Mengatasi Tidak cukup ruang saat menginstall  Aplikasi pada Oppo Android

Seringkali kita ingin mendowload sebuah aplikasi dan setelah kita selesai download dan akan melakukan instalasi maka akan ada pesan bahwa sistem memory tidak cukup, padahal di hp tersebut baru terinstall beberapa aplikasi dan ruang penyimpanan masih cukup banyak karena untuk hp oppo menengah biasanya terdapat memory internal sebesar 1gb dan tidak mungkin akan penuh setelah diinstal beberapa aplikasi. Yang menjadi masalah adalah ternyata di handphone ini default penyimpanan adalah sistem storage yang tersedia hanya sekitar 260mb, nah kan kacau kalau mau menyimpan, ini terjadi pada oppo r381k teman saya. Jadi jangan pilih default/ sistem storage pada lokasi instalasi anda, pilihlah ke memory hp atau sd card.

2. Apabila lokasi penyimpanan penuh saat download

Langkah Pertama adalah memindahkan Aplikasi-Aplikasi ke Kartu SD, agar tersedia ruang lebih banyak pada memori penyimpanan sistem.
– Klik pengaturan -> Kelola Aplikasi lalu klik Installed (diinstal), kalian akan melihat daftar Aplikasi yang telah kalian download.
– Pilih salah satu Aplikasi yang akan kalian pindahkan, jika sudah memilih klik “Pindahkan ke sd”  Otomatis  aplikasi tersebut sudah pindah ke kartu SD, dan kalian bisa download lagi seperti biasa.

3. Cara Mudah Mengatasi Aplikasi Tiba-Tiba Berhenti Berjalan

Seringkali kita merasa jengkel ketika kita sedang menggunakan sebuah aplikasi, tiba-tiba aplikasi berhenti berjalan, biasanya terjadi karena sistem atau aplikasi ada salah satu yang melakukan update otomatis sehingga akan terjadi sedikit crash pada aplikasi tersebut, cara mengatasinya coba dengan update sistem serta aplikasi tersebut dan pastikan keduanya sudah up to date.
Bisa juga terlalu banyaknya cache aplikasi, Cara mengatasinya coba masuk ke setting –manage application – all – cari aplikasi yang berhenti berjalan tersebut – clear data.

4. Notifikasi hillang

masalah ini sering terjadi, notifikasi hilang sehingga kita tidak menerima update terbaru, ketika dibuka baru semua pesan muncul, nah disni ada solusi untuk mengatasinya.

Buka Menu > Settings (Pengaturan) > Security settings (Pengaturan Keamanan). Di sana, kita  akan melihat banyak pilihan. Pertama, kita pilih yang Notification center (Pusat notifikasi)
Pada point nomor 1, pastikan opsi untuk menyembunyikan notifikasi sudah nonaktif.
Pada point nomor 2, pastikan aplikasi yang Ofans inginkan untuk muncul di status bar (bilah notifikasi) sudah dicentang/dipilih.

Langkah Kedua :
Kita kembali lagi ke Settings (Pengaturan). Kali ini, pilih yang Data saving, lalu pilih add apps, pilih sesuka kalian yang dirasa penting untuk di pilih

5. Memunculkan Developer Options di OPPO

Cara memuncuklan developer options di oppo cukup mudah, caranya adalah sebagai berikut

masuk ke Setting > About Phone > More > tap Build Number 7 kali, akan keluar pesan “you now a devolepment”
Sekarang pastikan kembali
Masuk ke Setting > more apakah sudah muncul menu developer options? jika sudah, berarti kita sukses memunculkannya

Thanks for reading & sharing JustDoIt

Previous
« Prev Post

0 Comments:

Post a Comment


Popular